4 Penyedia Pinjaman untuk Guru Honorer, Syarat Mudah!

Dapatkah guru honorer mengajukan kredit? Tentu bisa! Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas pinjaman untuk guru honorer. Apa saja jenis pinjaman yang dapat diajukan oleh guru honorer? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Guru honorer adalah tenaga pendidik yang bekerja di sekolah dan lembaga pendidikan tanpa status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun tetap menerima honorarium atau gaji setiap bulannya.

Meskipun memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, guru honorer seringkali mengalami kesulitan dalam mengakses kredit. Namun, ada beberapa pilihan jenis pinjaman untuk guru honorer dalam tulisan kali ini yang dapat dipertimbangkan saat membutuhkan dana.

Pinjaman untuk Guru Honorer

Sebagai tenaga honorer, Anda tak perlu berkecil hati. Sebab sekarang sudah beragam jenis pinjaman yang dapat dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda, di antaranya:

1. Pinjaman Koperasi

Guru honorer yang membutuhkan dana untuk berbagai keperluan, dapat mengajukan pinjaman di koperasi. Salah satu keuntungan dari pinjaman koperasi adalah suku bunga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dari koperasi pun biasanya lebih mudah dipenuhi, namun perlu menjadi anggota terlebih dahulu. Selain itu, apabila Anda menjadi anggota koperasi maka akan memperoleh keuntungan berupa dividen atau bagi hasil dari koperasi tersebut.

Artikel terkait: Tabel Angsuran Pinjaman Koperasi

2. Pinjaman Lembaga Keuangan Mikro

Lembaga keuangan mikro adalah lembaga yang menyediakan pinjaman yang dimiliki oleh badan usaha milik desa/kelurahan, pemerintah daerah/kota, dan koperasi dengan nominal kecil yang syaratnya yang lebih mudah dari bank konvensional.

Meskipun bunga yang diberikan biasanya lebih tinggi daripada bank, lembaga keuangan mikro seringkali menjadi pilihan yang lebih baik bagi guru honorer.

3. Pinjaman Online

Ada banyak platform pinjaman online yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan syarat yang mudah. Namun, pastikan untuk memeriksa reputasi dan keamanan platform tersebut sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Beberapa platform pinjaman online dapat memiliki bunga yang sangat tinggi, sehingga Anda harus mempertimbangkan kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman sebelum mengajukannya.

Baca juga: Tabel Angsuran Julo

Pinjaman Bank untuk Guru Honorer

Pinjaman Untuk Guru Honorer

Hingga kini, sudah ada sejumlah bank yang mendukung tenaga honorer di Indonesia dengan memberikan layanan fasilitas pembiayaan atau kredit. Beberapa jenis pinjaman yang dapat diakses oleh guru honorer, adalah:

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan permbiayaan kredit yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha kecil atau menengah yang memerlukan dana untuk kebutuhan pengembangan usaha mereka, termasuk usaha yang dijalankan oleh guru honorer.

Jadi, guru honorer dapat mengajukan pinjaman KUR asalkan memiliki usaha sampingan yang aktif dan dinilai layak, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki usaha produktif yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari lembaga keuangan lain
  • Memiliki Surat Izin Usaha

2. Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah jenis pinjaman yang diberikan dengan jaminan dalam bentuk aset atau properti yang dimiliki oleh peminjam. Kredit multiguna bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumtif, atau modal usaha seorang guru honorer.

Salah satu keuntungan dari kredit multiguna adalah dapat mengambil pinjaman dengan jumlah yang cukup besar dan tenor yang relatif panjang. Selain itu, bunga pada kredit multiguna biasanya lebih rendah dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya kepada individu tanpa memerlukan jaminan atau agunan dalam bentuk aset atau properti. Tanpa adanya jaminan, KTA biasanya memiliki syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki riwayat kredit yang baik
  • Menyerahkan bukti penghasilan tetap atau slip gaji

Guru honorer dapat mengajukan KTA untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, renovasi rumah, atau pembelian konsumtif. Namun, KTA biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya.

4. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Jenis rumah yang dapat di KPR untuk guru honorer adalah rumah subsidi, yakni program pembiayaan perumahan yang disubsidi oleh pemerintah. Guru honorer yang mendapatkan fasilitas KPR subsidi, dijamin bebas dari biaya premi asuransi dan PPN.

Program KPR untuk guru honorer ini dapat di ajukan dengan uang muka yang sangat ringan. Dengan suku bunga yang rendah dan biaya angsuran yang tetap setiap bulanya, KPR subsidi dapat dinikmati sampai dengan 20 tahun.

Skema pembiayaan dan syarat utama pengajuannya pun sama dengan pekerja lainnya, yaitu:

  • Rumah yang dibeli harus rumah pertama
  • Jumlah penghasilan suami dan istri tidak lebih dari Rp 8 juta per bulan
  • Memiliki masa kerja minimal 1 tahun

Oleh karena itu, program KPR subsidi ini dinilai efektif dalam membantu para guru honorer untuk memiliki rumah sendiri yang layak huni.

5. Kredit Pendidikan

Kredit pendidikan adalah suatu bentuk pinjaman yang disediakan oleh bank yang memang dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan. Sehingga, tenaga honorer yang ingin melanjutkan pendidikannya dapat mengajukan fasilitas pinjaman ini.

Syarat mengajukan pinjaman pendidikan ini cukup mudah, yakni:

  • Memiliki pendapatan tetap dan dibuktikan dengan adanya slip gaji
  • Memiliki riwayat kredit yang baik

Sayangnya tidak semua bank atau lembaga keuangan lainnya yang menyediakan fasilitas pinjaman pendidikan ini.

Anda dapat mencari informasi tentang fasilitas kredit yang ditawarkan oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya melalui website resmi bank tersebut atau melalui mesin pencarian di internet.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman, sebaiknya guru honorer perlu mempertimbangkan kebutuhan keuangan dan kemampuan untuk mencicil atau melunasi pinjaman.

Baca juga: Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

Syarat Mendapatkan Pinjaman untuk Guru Honorer

Tidak berbeda dengan pekerja lainnya, seorang guru honorer yang hendak mengajukan pinjaman juga diwajibkan memenuhi beberapa syarat di bawah ini agar persetujuan kreditnya dapat diterima.

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Batas usia minimal 21 tahun atau sudah menikah saat mengajukan kredit
  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Buku Nikah
  • Pas Foto berwarna terbaru pemohon
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP

Untuk memperbesar peluang pinjaman disetujui, jangan lupa untuk mengecek semua persyaratan yang dibutuhkan sebelum melakukan pengajuan kredit.

Cara Mengajukan Pinjaman untuk Guru Honorer

Setelah menentukan bank atau lembaga keuangan yang di tuju, guru honorer yang ingin mengajukan pinjaman dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi identitas diri dan surat keterangan penghasilan.
  2. Kemudian ajukan pinjaman Anda dengan mengisi formulir yang disediakan, bisa melalui online ataupun offlline menyesuaikan aturan yang berlaku.
  3. Tunggu sampai Anda mendapat konfirmasi dari peminjam, apakah kredit Anda disetujui atau tidak.
  4. Jika pinjaman Anda disetujui, ikuti arahan dari petugas sampai dana yang Anda butuhkan di cairkan ke rekening Anda

Selain itu, sebelum mengajukan kredit Anda perlu membandingkan suku bunga, biaya administrasi, jangka waktu pembayaran, dan persyaratan lainnya dari beberapa lembaga keuangan yang berbeda, sehingga mendapat yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Penting bagi seorang guru honorer untuk memahami konsekuensi dari mengambil pinjaman sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Sebab semua jenis pinjaman memiliki risiko, seperti tidak dapat membayar cicilan tepat waktu hingga kehilangan jaminan.

Demikian uraian kali ini, semoga menambah wawasan Anda tentang pinjaman untuk guru honorer.

Tinggalkan komentar