Gaji Karyawan Lng Tangguh 2023 dan Cara Melamar Kerja

Memiliki penghasilan yang banyak merupakan impian semua orang. Banyak jenis pekerjaan yang menawarkan nominal gaji yang menggiurkan. Salah satunya adalah perusahaan pertambangan. Pekerjaan di perusahaan pertambangan menjadi target para pencari kerja karena nominal gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Akan tetapi, di setiap nominal gaji yang menggiurkan pasti sebanding dengan risiko yang juga harus dihadapi. Salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia yang menawarkan gaji menggiurkan adalah LNG Tangguh. Jadi, berapa nominal gaji karyawan LNG Tangguh? Anda bisa menyimak artikel ini.

Apa itu LNG Tangguh?

Gaji Karyawan Lng Tangguh

LNG adalah singkatan dari Liquefied Natural Gas. LNG adalah gas metana dengan komposisi 90% metana (CH4) yang dicairkan pada tekanan atmosferik dan suhu -163 derajat celcius. PT. LNG Tangguh adalah perusahaan pertambangan jenis gas LNG ini.

Disadur dari website bp.com, Tangguh LNG adalah pengembang dari enam lapangan gas terpadu yang terletak di wilayah Kontrak Kerja Sama (KKS) Wiriagar, Berau dan Muturi di Teluk Bintuni, Papua Barat. Berselang 4 tahun setelah mendapat persetujuan dari pemerintah, tepatnya pada Juni 2009, proyek ini mulai beroperasi.

Saat ini, proyek Tangguh LNG train 3 sedang dijalankan dan diperkirakan akan selesai pada bulan Maret 2023. Melalui proyek train 1 dan 2, LNG Tangguh dapat menghasilkan 7,6 juta ton LNG setiap tahunnya. Produksi LNG Tangguh train 3 diperkirakan akan menghasilkan 3,8 juta ton LNG per tahunnya.

Lalu, proyek LNG Tangguh milik siapa? LNG Tangguh merupakan proyek produksi dan penjualan LNG yang dilaksanakan oleh beberapa pihak dalam bentuk joint ventures. Pihak tersebut adalah British Petroleum sebagai operator, pemerintah Indonesia, kontraktor, dan masyarakat lokal Papua Barat.

Gaji Karyawan LNG Tangguh

Gaji yang akan Anda terima jika bekerja di industri pertambangan sangat menggiurkan. Gaji besar yang diterima oleh karyawan tentu sebanding dengan risiko yang akan mereka hadapi. Tidak terkecuali dengan kondisi karyawan LNG Tangguh. Nominal gaji karyawan LNG Tangguh terbilang besar dan hal itu sebanding dengan resiko serta tanggung jawab pekerjaannya.

Gaji karyawan LNG Tangguh juga bervariasi mulai dari pekerja magang, entry level, range level, hingga level junior. Pun, beda tingkat, seperti posisi pekerjaan, pengalaman, dan keahlian, beda juga nominal gaji yang didapat. Semakin tinggi level pekerjaan, semakin luas pengalaman, dan semakin bagus keahlian yang dimiliki akan akan semakin besar gajinya. 

Nominal gaji karyawan LNG Tangguh dimulai dari 2 juta rupiah hingga puluhan juta atau sekitar 50 juta rupiah. Dengan rata-rata gaji karyawan LNG Tangguh mencapai belasan juta rupiah per bulannya. Nominal ini cukup besar dibanding dengan UMR atau UMK daerah Teluk Bintuni. Gaji UMR Teluk Bintuni pada tahun 2022 sekitar Rp 3.200.000.

  • Engineering Intern / Magang : Rp 6.000.000
  • Staf Administrasi: Rp 19.000.000 – Rp 21.000.000
  • Pekerja Kilang: Rp 14.000.000 – Rp 26.000.000
  • Reservoir Engineer: Rp 21.000.000 – Rp 30.000.000

Gaji karyawan LNG Tangguh tidak hanya gaji pokok saja. Para karyawan juga akan menerima tunjangan konsumsi, harian, tunjangan jabatan, dan tunjangan lainnya. Hal ini sebanding dengan tanggung jawab serta risiko yang akan dihadapi oleh karyawan.

Baca juga: Gaji Karyawan Pencetak Uang

Risiko Kerja di LNG Tangguh

LNG Tangguh, sebagai industri migas memiliki risiko tinggi di sektor hulu dan hilir. Pada sektor hulu, yaitu risiko pada kegiatan pengelolaan dan pengeboran. Sementara, pada sektor hilir, yaitu risiko saat proses pengolahan dan distribusi. Berikut lebih lanjut tentang risiko atau faktor bahaya K3 pada industri ini:

1. Bahaya Saat Proses Produksi

Potensi bahaya yang ditimbulkan berasal dari beberapa kegiatan yang dilakukan saat proses produksi, seperti bergantung pada bahan dan peralatan yang digunakan, kegiatan dan jenis kegiatan yang dilakukan. Pun pada saat pengeboran yang berhubungan dengan semburan gas tak terduga dari sumur akibat adanya tekanan yang tinggi. 

2. Bahaya Kimia

Tubuh bisa terkontaminasi bahan kimia yang terkadang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan manusia, serta lingkungan hidup. Misalnya, bahan kimia dapat memasuki tubuh melalui pernafasan, mulut ke saluran pencernaan, hingga melalui kulit. 

3. Faktor Kondisi Tidak Aman, Tindakan Tidak Aman, Sistem Manajemen

Kondisi tidak aman bisa dipengaruhi dari kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung, pengaman yang tidak sempurna, dan lainnya. Tindakan tidak aman bisa dipengaruhi karena personal pekerja itu sendiri yang sembrono dalam bekerja, menggunakan peralatan yang tidak berfungsi dengan baik, dan lainnya. Sistem manajemen dipengaruhi sistem prosedur kerja yang tidak jelas atau tidak ada standar yang bisa dijadikan acuan. 

4. Faktor Risiko Lain

Adanya faktor risiko lain diluar kendali personal dan perusahaan, seperti adanya badai pada area eksplorasi, kebakaran, ledakan, hingga bahaya khusus yang timbul dari crude oil (cairan gelap, lengket, highly flammable, serta dapat dibakar untuk menghasilkan energi). 

Baca juga: Gaji PT Panasonic Gobel Energy Indonesia

Cara Mendapatkan Kerja di LNG Tangguh

Setelah mengetahui nominal gaji karyawan LNG Tangguh, apakah Anda tertarik untuk bekerja di LNG Tangguh? Anda bisa melamar untuk proyek Tangguh LNG train 4 mendatang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan bekerja di LNG Tangguh.

1. Cari Info Loker LNG Tangguh

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai lowongan pekerjaan atau loker di LNG Tangguh. Saat ini, pencarian informasi sangat mudah dilakukan. Hampir semua hal bisa Anda temukan di internet. Terlebih mengenai lowongan pekerjaan.

Anda dapat mencari informasi loker di LNG Tangguh dari internet. Namun, Anda juga harus berhati-hati tentang info loker yang bersifat penipuan. Karena, saat ini banyak orang yang melakukan penipuan melalui penawaran lowongan pekerjaan. Anda harus mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan di situs-situs resmi yang menyediakan informasi akurat seperti LinkedIn atau JobStreet.

2. Persiapkan Syarat dan Ketentuan

Setiap perusahaan punya kriteria, syarat, serta ketentuan tersendiri ketika akan merekrut karyawan. Hal mendasar terkait kriteria perekrutan adalah mengenai pendidikan. Setiap posisi yang ditawarkan memiliki kualifikasi pendidikannya. Posisi entry level biasanya mengharuskan pendidikan dengan minimal lulusan SMA atau SMK, selanjutnya D1 atau D2.

LNG Tangguh merupakan perusahaan yang bergerak di bidang migas, maka latar belakang pendidikan teknik perminyakan bisa mendapatkan peluang besar. Namun, tidak menutup kemungkinan ada loker dengan syarat latar pendidikan yang lain. Karena, mereka juga membutuhkan karyawan untuk HRD, legal, akuntan, dan lain sebagainya yang berlatar pendidikan non teknik perminyakan.

Baca juga: Gaji PT Isuzu Astra Motor Indonesia

Kemampuan dan pengalaman sangat penting dimiliki untuk bekerja di LNG Tangguh. Medan pekerjaan yang penuh risiko mengharuskan pekerjanya memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik. Kemampuan hard skill maupun soft skill harus dimiliki oleh pelamar. Salah satu contoh soft skill yang harus dimiliki adalah kemampuan disiplin dan profesional.

Anda juga harus memiliki pengalaman yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lamar. Dengan pengalaman yang Anda miliki akan memberi kemudahan bagi Anda untuk kedepannya. Selain itu, Anda juga harus memiliki kesiapan dan ketersediaan mengenai risiko bekerja di wilayah pertambangan.

3. Mengikuti Seluruh Prosedur

Anda bisa langsung mengirimkan lamaran jika dirasa Anda telah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh LNG Tangguh. Anda harus mengikuti semua prosedur yang telah ditentukan, mulai dari administrasi sampai tes wawancara. Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian ini 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk bekerja di LNG Tangguh setelah membaca dan mengetahui gaji karyawan LNG Tangguh melalui artikel ini? Jika iya, semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan di LNG Tangguh.

Tinggalkan komentar