Gaji Cleaning Service Rumah Sakit 2023 : Tugas & Karir

Memenuhi kebutuhan lingkungan yang bersih dan steril sangat penting dalam industri kesehatan, termasuk rumah sakit. Untuk itu, peran cleaning service rumah sakit dalam memastikan kebersihan tidak boleh diremehkan.

Seiring dengan meningkatnya permintaan layanan kebersihan yang berkualitas di rumah sakit, banyak individu yang penasaran dengan gaji cleaning service rumah sakit, serta manfaat yang ditawarkan dalam bidang pekerjaan ini.

Tulisan kali ini akan membahas tentang cleaning service di rumah sakit, gaji rata-rata, tanggung jawab, serta prospek karier menjadi cleaning service. Simak selengkapnya!

Tugas Cleaning Service di Rumah Sakit

gaji cleaning service rumah sakit

Secara umum, seorang cleaning service di rumah sakit bertanggung jawab untuk memastikan lingkungan rumah sakit tetap bersih dan steril. Mereka harus memastikan bahwa semua bagian rumah sakit, termasuk kamar pasien, koridor, dan area umum lainnya, dibersihkan dengan tepat.

Mereka juga harus memastikan bahwa peralatan dan fasilitas rumah sakit selalu dalam kondisi bersih dan steril. Oleh karena itu, cleaning service di rumah sakit memegang peran penting dalam menjaga kesehatan, keselamatan pasien serta staf rumah sakit.

Gaji Cleaning Service Rumah Sakit

Gaji cleaning service rumah sakit yang diterima biasanya sangat bervariasi, tergantung pada tingkat kemampuan individu, pengalaman kerja, kualifikasi, juga lokasi rumah sakit berada.

Selain itu, besaran gaji yang diterima seorang cleaning service juga disesuaikan dengan UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten) atau UMP (Upah Minimum Provinsi) masing-masing daerah.

Dari berbagai sumber yang didapat, rata-rata petugas cleaning service rumah sakit di Indonesia menerima gaji pokok sebesar Rp 3.000.000 per bulannya.

Gaji pokok tersebut belum termasuk dengan tunjangan atau insentif yang didapat, dan jumlahnya juga bisa berbeda mengikuti kebijakan rumah sakit atau perusahaan outsourcing.

Namun, meskipun upah petugas cleaning service rumah sakit mungkin tidak sebesar profesi lain di bidang kesehatan, pekerjaan ini tetap memeberikan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan yang stabil dan memiliki peran dalam membantu menjaga kesehatan masyarakat.

Baca juga: Gaji Sales Associate Home Credit

Jenjang Karier Cleaning Service Rumah sakit

gaji cleaning service rumah sakit

Prospek karier cleaning service rumah sakit bisa sangat baik, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang baik.

Petugas cleaning service memiliki kesempatan untuk memperoleh promosi ke posisi yang lebih tinggi, seperti koodinator atau supervisor dengan memfokuskan diri pada kualitas pekerjaan, sehingga hal terebut juga dapat meningkatkan gaji mereka.

Seorang cleaning service rumah sakit juga dapat mencari pekerjaan di rumah sakit lain atau di industri kebersihan lainya.

Syarat yang dibutuhkan untuk menjadi cleaning service rumah sakit

Agar dapat membantu memastikan lingkungan rumah sakit tetap bersih dan steril, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi petugas cleaning service rumah sakit, antara lain:

  • Laki-laki atau perempuan
  • Usia 18 – 40 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat
  • Memiliki pengalaman bekerja dibidang kebersihan (lebih diutamakan)
  • Tidak takut ketinggian
  • Siap bekerja dengan sistem shift
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak bertato, bertindik, dan buta warna
  • Memiliki SKCK dari kepolisian yang masih berlaku
  • Dapat berkomunikasi dengan baik

Baca juga: Gaji Karyawan Pencetak Uang Peruri

Kemampuan yang harus dimiliki cleaning service rumah sakit

Mengingat bahwa rumah sakit bergerak dibidang layanan kesehatan, maka membutuhkan tenaga kebersihan dengan kualifikasi yang baik di bawah pengawasan Instalasi Kesehatan Lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang cleaning service yang bekerja di rumah sakit:

  • Harus memahami teknik dasar membersihkan, perawatan harian, hingga pembersihan secara umum
  • Memiliki keterampilan teknis dalam menggunakan peralatan kebersihan, serta memelihara perlengkapan rumah sakit
  • Memiliki kemampuan untuk fokus, serta memperhatikan detail tiap sudut rumah sakit agar bebas dari kontaminasi
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dengan baik
  • Memahami dan mematuhi prosedur keamanan serta kesehatan yang berlaku di rumah sakit, seperti prosedur sterilisasi, memilah sampah sesuai jenisnya, dan penanganan limbah medis
  • Berpenampilan baik dan rapi
  • Mampu melayani pasien dan staf dengan ramah, santun dan cekatan
  • Mampu bekerja dalam jadwal yang dinamis atau berubah-ubah, termasuk bekerja dengan sistem shift
  • Memiliki motivasi untuk memastikan lingkungan rumah sakit tetap bersih dan higienis bagi pasien dan para staf rumah sakit

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari tim cleaning service rumah sakit, pastikan untuk memahami seluruh tanggung jawab yang harus dilakukan, serta memastikan bahwa Anda memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai untuk menjalankan pekerjaan dengan baik.

Secara keseluruhan, menjadi cleaning service bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang tertarik untuk bekerja dalam industri kesehatan. Meskipun gaji cleaning service rumah sakit tidak sebesar profesi lain, cleaning service memiliki prospek karier yang baik.

Demikian uraian tentang gaji cleaning service rumah sakit, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang berminat berkarier sebagai petugas cleaning service di rumah sakit.

Tinggalkan komentar