Cek fisik bantuan atau gesek bantuan adalah proses cek fisik kendaraan di samsat terdekat tanpa harus mengikuti domisili kendaraan. Misalnya, domisili kendaraan berplat D Bandung tetapi kendaraan berada di Klaten, maka kamu bisa gesek bantuan di kantor samsat terdekat di Klaten.
Lantas, kapan gesek bantuan harus dilakukan dan apa saja persyaratan yang harus dibawa? Simak penjelasannya di artikel berikut.
Kapan Cek Fisik Kendaraan Dilakukan?
Cek fisik kendaraan merupakan salah satu rangkaian dalam pengurusan dokumen kendaraan di samsat. Biasanya cek fisik ini wajib dilakukan di kantor Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk beberapa keperluan berikut.
- Perpanjangan STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor
- Mutasi atau pindah alamat dari daerah samsat
- Balik nama kendaraan
- Setelah modifikasi kendaraan sehingga fisiknya berubah
- Mendaftar kendaraan baru
Pada umumnya proses pengecekan fisik kendaraan di lakukan langsung di kantor samsat induk sesuai domisili kendaraan. Jika kamu perlu mengurus administrasi kendaraan yang wajib cek fisik tetapi kendaraan berada di luar daerah, kamu bisa gesek bantuan di samsat terdekat tanpa harus mengikuti domisili kendaraan.
Kamu bisa bawa kendaraan, baik roda dua atau lebih ke kantor samsat terdekat sesuai alamat tempat tinggal. Hal ini dapat dilakukan jika tidak memungkinkan untuk kamu membawa kendaraan tersebut ke samsat induk asal. Misalnya karena jadwal pekerjaan sibuk atau biaya kirim motor yang terlalu mahal.
Namun, perlu diingat untuk pajak 5 tahunan seperti penerbitan STNK baru dan ganti plat hanya bisa dilayani di samsat asal sesuai domisili kendaraan. Jadi, untuk samsat lain hanya bisa membantu cek fisik kendaraan saja.
Baca juga: Cara Ganti Warna Motor di STNK
Persyaratan Cek Fisik Bantuan
Ketika hendak membawa kendaraan ke samsat untuk cek fisik bantuan, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen. Berikut syarat dokumen yang wajib dibawa.
- KTP asli dan fotokopi
- STNK asli dan fotokopi
- BPKB asli dan fotokopi
- Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
- Kwitansi Jual Beli (materai 10.000)
- KTP pemilik (daerah yang akan dituju)
Lalu, apakah bisa melakukan gesek bantuan tanpa membawa BPKB? Syarat cek fisik bantuan yang harus dilengkapi termasuk BPKB asli dan fotokopi. Namun, bisa juga hanya melampirkan fotokopi BPKB saja.
Hal ini bisa untuk kamu yang sedang tidak pegang BPKB asli, misalnya BPKB ada di bank untuk jaminan. Kamu cukup menunjukkan fotokopi BPKB halaman 1 yang berisi identitas pemilik kendaraan dan halaman 2 yang berisi identitas kendaraan.
Jadi, untuk cek fisik bantuan tanpa BPKB asli masih bisa dilayani asalkan kamu membawa fotokopi BPKB.
Prosedur Cek Fisik Bantuan

Bagi para pemilik kendaraan yang memiliki domisili berbeda dengan alamat tempat tinggal, bisa ikuti proses gesek bantuan di samsat terdekat. Berikut proses atau prosedur gesek bantuan untuk pajak 5 tahunan atau keperluan lainnya.
1. Datang ke samsat terdekat
Kamu bisa pilih kantor samsat yang paling dekat sesuai alamat tempat tinggal. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas persyaratan dan membawa kendaraan yang akan dicek.
Cek dulu jadwal pelayanan di kantor samsat yang akan kamu datangi. Biasanya untuk jam pelayanan di kantor samsat setiap hari kerja di jam berikut.
- Senin-Kamis: 08.00 – 14.00
- Jumat: 08.00-14.00 (istirahat shalat Jumat 11.00-13.00, layanan dilanjutkan mulai pukul 13.00)
- Sabtu: 08.00-11.00
Biasanya di kantor samsat akan diarahkan langsung ke area pengecekan karena dengan melihat plat nomor. Kendaraan akan langsung diminta parkir di tempat khusus cek fisik agar mempermudah petugas dan mempercepat proses cek fisik nantinya.
2. Datangi loket cek fisik
Setelah kendaraan aman terparkir, kamu dapat lanjut ke bagian loket pendaftaran cek fisik. Petugas akan menanyakan kebutuhan cek fisik untuk keperluan apa sehingga berkas-berkasnya bisa dicocokkan sesuai kebutuhan.
Sampaikan keperluan kamu, lalu petugas akan memberikan formulir pengecekan. Jika masih ada berkas yang kurang, kamu harus melengkapinya dulu.
Petugas akan mengarahkan kamu untuk ke tempat fotokopi apabila kamu belum membawanya. Biasanya untuk fotokopi juga diminta untuk map atau amplop kertas agar dokumen lebih rapi. Fotokopi dan map ini biasanya Rp 5.000.
3. Pergi ke area pengecekan fisik
Setelah mendapatkan formulir, kamu bisa ke area pengecekan lagi sesuai tempat parkir kendaraan. Serahkan berkas tersebut ke petugas pengecekan. Nanti petugas akan membuka kendaraan jika nomor rangka berada di dalam.
Sebaiknya kamu sudah membuka bagasi atau kap kendaraan agar lebih cepat. Proses cek fisik bantuan ini memang tidak lama hanya beberapa menit saja. Setelah petugas pengecekan selesai, berkas kendaraan akan dikembalikan untuk diproses di loket.
Kabar baiknya, biaya untuk gesek bantuan di samsat ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Kamu tidak akan dikenai biaya administrasi atau lainnya untuk proses pengecekan fisik kendaraan tersebut.
4. Pergi ke loket cek fisik lagi
Jika pengecekan fisik sudah selesai, kamu bisa kembali lagi ke loket pendaftaran. Serahkan berkas tersebut ke petugas loket dan tunggu. Proses di loket pendaftaran ini juga cukup cepat, kurang lebih 15 menit tergantung antrian.
Nanti nama kamu akan dipanggil oleh petugas dan berkas diserahkan ke kamu untuk proses selanjutnya sesuai keperluanmu.
5. Proses selesai
Setelah formulir gesek bantuan ditandatangani dan diberi stample, proses cek fisik bantuan di samsat tersebut sudah selesai. Jika kamu ingin mengurus pajak 5 tahunan, kamu bisa kirim berkas tadi ke samsat asal.
Kamu dapat meminta tolong saudara, teman, atau kerabat untuk mengurus pajak 5 tahunan di kantor samsat induk dengan bukti gesek bantuan yang sudah didapat sebelumnya.
Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai cek fisik bantuan untuk keperluan administrasi kendaraan. Cek fisik kendaraan ini bisa dibantu di semua samsat di seluruh wilayah Indonesia.