Cara Menghitung Borongan Cat Tembok dan Tips Hemat

Cara menghitung borongan cat tembok sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Meski bisa dilakukan sendiri, mengecat tembok tetap membutuhkan teknik khusus agar hasilnya memuaskan.

Namun, jika Anda merasa tidak memiliki cukup waktu ataupun tenaga, dan ingin menyerahkan pekerjaan mengecat tembok kepada tenaga ahli, artikel kali ini akan memberikan informasi untuk Anda mengenai cara menghitung borongan cat tembok dengan tepat.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Menghitung biaya borongan cat tembok adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan mengecat tembok. Proses ini melibatkan beberapa faktor seperti luas area yang akan dicat, jenis cat yang digunakan, tenaga yang dibayar, dan lain-lain.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung biaya borongan cat tembok dengan tepat.

  • Ukur luas area yang akan dicat, dengan cara lebar dinding x tinggi dinding x jumlah sisi
  • Tentukan jenis cat yang akan digunakan
  • Hitung kebutuhan cat, dengan cara luas dinding yang dicat dibagi dengan daya sebar cat yang biasanya tertera pada kemasan cat, kemudian kalikan 2 jika Anda membutuhkan pengetacan sebanyak 2 lapis
  • Tentukan jumlah pekerjaan, dengan cara luas area yang dicat x 2 sisi (luar dalam) jika dibutuhkan
  • Tentukan harga borongan atau jasa pengecatan tembok per meter persegi yang bisa Anda tanyakan langsung pada penyedia jasa
  • Hitung biaya borongannya

Harga borongan cat tembok biasanya sudah termasuk cat tembok di dalamnya, sehingga Anda hanya perlu membayar harga borongan per meter persegi dikalikan dengan luas area yang akan dicat. Meskipun demikian, jenis cat tembok yang digunakan dapat bervariasi.

Sehingga mungkin akan ada perbedaan harga jika Anda menginginkan cat tembok dengan merek tertentu. Sebagai referensi, berikut adalah harga borongan cat tembok baru interior dengan berbagai merk yang biasa digunakan.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok
Merk Cat InteriorHarga Borongan
AvitekRp 30.000 per meter
ParagonRp 35.000 per meter
VinilexRp 40.000 – Rp 50.000 per meter
CatylacRp 40.000 per meter
DuluxRp 70.000 – Rp 80.000 per meter
DanapaintRp 80.000 per meter
MowilexRp 80.000 per meter
PropanRp 75.000 per meter

Sebagai contoh, jika Anda memiliki ruang kamar sebesar 3 x 3 meter persegi, dengan tinggi plafon 3,2 meter, dan terdapat sebuah kusen pintu yang berukuran 2 x 1. Serta ingin menggunakan cat merk Catylac. Maka, biaya yang harus Anda keluarkan adalah:

  • Biaya = Luas area yang dicat x harga borongan per meter
  • Biaya = (Luas keliling kamar – luas kusen) x harga borongan per meter
  • Biaya = ((tinggi x lebar dinding) x 4 sisi) – (lebar x tinggi kusen pintu)) x harga borongan
  • Biaya = ((3,2m x 3m x 4sisi) – (1 x 2)) x Rp 40.000
  • Biaya = (38,4m – 2m) x Rp 40.000
  • Biaya = Rp 1.456.000

Rumus menghitung biaya borongan cat tembok tanpa bahan

Dalam kasus ini, Anda membeli cat sendiri dan menyediakannya kepada penyedia jasa, dan mereka akan melakukan pekerjaan mengecat tembok dengan menggunakan cat yang telah Anda berikan.

Selain itu, mereka akan mengaplikasikan cat pada tembok dengan menggunakan teknik dan peralatan mereka sendiri untuk menghasilkan hasil yang rapi dan berkualitas. Cara menghitung borongan cat tembok tanpa bahan pun sama, yaitu:

Biaya = Luas area yang dicat x Jasa borongan per meter

Contoh:

  • Luas area yang dicat = 42 meter persegi
  • Jasa borongan cat tembok = Rp 27.000 per meter
  • maka, biaya yang dibutuhkan adalah 41m x Rp 27.000 = Rp 1.107.000

Perlu diingat bahwa harga borongan dapat bervariasi tergantung pada kesepakatan antara penyedia jasa dan klien, serta berbagai faktor lain seperti jenis cat yang digunakan, kualitas hasil akhir, dan biaya operasional.

Oleh karena itu, sebaiknya minta penawaran terlebih dahulu dari penyedia jasa sebelum menentukan rumus perhitungan borongan yang tepat.

Baca juga: Biaya Pembuatan Sumur Bor

Tips Menghemat Biaya Borongan Cat Tembok

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk menghemat biaya borongan cat tembok tanpa mengorbankan kualitas hasil akhir:

  • Gunakan jenis cat yang lebih murah namun tetap berkualitas tinggi
  • Beli cat dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon atau harga khusus dari penjual
  • Lakukan persiapan permukaan yang baik sebelum mulai mengecat
  • Gunakan peralatan cat yang tepat
  • Pilih waktu yang tepat untuk melakukan proyek cat tembok. Hindari melakukan proyek cat pada musim hujan atau cuaca yang lembab
  • Lakukan perawatan cat yang baik setelah proses pengecatan selesai. Hindari membersihkan dinding yang baru dicat terlalu sering atau terlalu kuat
  • Gunakan warna cat yang netral dan tidak terlalu mencolok untuk menghemat biaya
  • Jika memungkinkan, lakukan proyek cat tembok sendiri dan minta bantuan dari teman atau keluarga jika perlu
  • Terakhir, pastikan untuk merencanakan anggaran dengan cermat sebelum memulai proyek cat tembok

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik per Meter

Perbedaan Biaya Cat Tembok Borongan dan Harian Pekerja

Biaya cat tembok borongan dan harian pekerja dapat berbeda karena borongan biasanya melibatkan beberapa faktor tambahan dalam perhitungannya.

Biaya borongan mencakup semua pekerjaan yang terkait dengan pengecatan, termasuk persiapan permukaan, penutupan permukaan yang tidak perlu dicat, pemilihan cat, dan lain sebagainya.

Biaya borongan biasanya mencakup biaya upah tenaga kerja, biaya bahan, dan keuntungan untuk kontraktor atau tukang cat. Biaya borongan mungkin lebih murah daripada biaya harian jika pekerjaan tersebut memakan waktu yang lama.

Sedangkan biaya tukang harian tergantung pada berapa banyak pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja dalam satu hari. Biasanya, biaya harian mencakup upah pekerja, serta biaya bahan dan peralatan yang digunakan.

Biaya harian mungkin lebih mahal daripada biaya borongan jika pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat.

Perlu diingat bahwa biaya borongan dan biaya harian dapat bervariasi tergantung pada wilayah, keahlian dan pengalaman tukang cat atau kontraktor, jenis dan kualitas cat yang digunakan, ukuran serta tingkat kesulitan permukaan yang akan dicat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membandingkan harga dari beberapa tukang cat atau kontraktor yang berbeda untuk mendapatkan perkiraan biaya yang paling akurat dan terbaik untuk proyek Anda.

Selain itu, pastikan juga untuk berkomunikasi dengan jelas dengan penyedia jasa tentang spesifikasi cat dan kebutuhan Anda dalam mengecat tembok sehingga mereka dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan Anda. Demikian ulasan mengenai cara menghitung borongan cat tembok. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar